PENYIMPANGAN KEADILAN SOSIAL

Gambar

PENYIMPANGAN KEADILAN SOSIAL

Banyak sekali terjadi penyimpangan keadilan sosial di Negeri kita tercinta ini lebih tepatnya di Indonesia.

Sebagai anak negeri, saya turut prihatin dengan keadaan negeri yang sangat-sangat memprihatinkan ini.

Salah satu contoh dari penyimpangan keadilan sosial yang sering menimpa rakyat adalah “penggusuran”.

Seperti penggusuran pasar atau pedagang kaki lima yang sering terjadi di kota-kota besar maupun kota kecil seperti Sampit misalnya. Memang ada benarnya pemerintah menggusur rombong-rombong mereka yang mungkin mengganggu badan jalan. Tapi apakah para pemerintah memikirkan bagaimana keadaan rakyatnya? Apakah rakyatnya bisa bertahan hidup? Apakah rakyat bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih layak? Apakah rakyatnya bisa menghidupi keluarganya?

Tanpa memikirkan hal itu pemerintah dengan seenaknya saja menggusur rombong-rombong itu. Padahal hanya dengan cara itulah rakyat bisa bertahan hidup dengan mendapatkan rejeki yang halal. Tanpa harus mencuri, merampok atau bahkan mengemis. Kalaupun ada ganti rugi, tentunya pemerintah tidak mau rugi. Mereka akan mengganti kerugian rakyat dengan dana seadanya dan tidak sebanding dengan kerugian yang dialami oleh rakyatnya. Harusnya pemerintah menyiapkan dan menyediakan tempat atau lapangan kerja dimana ketika mereka(rakyat) digusur rakyat tidak akan setress tingkat tinggi karena memikirkan kemana lagi mereka harus mencari penghasilan untuk menghidupi keluarganya. Pemerintah boleh saja duduk diam menyaksikan keadaan rakyatnya yang memprihatinkan, tetapi pemerintah seperti itu adalah pemerintah yang tidak memiliki hati nurani, yang hanya ingin mensejahterakan diri sendiri dan tidak memikirkan kedaan rakyatnya.

Pemerintah harusnya lebih peka dan cepat tanggap dalam menangani masalah akan rakyatnya yang berdampak pada perekonomian daerah dimana para penduduk pendatang maupun pribumi yang tidak memiliki tempat usaha yang kuat dalam artian tidak memiliki tanah atau tempat usaha resmi (sertifikat/surat ijin) agar diberikan tempat atau lokasi untuk mereka bisa mencari nafkah. Karena Indonesia dikuasai oleh pemerintah. Jika pemerintah tidak memikirkan kesejahteraan rakyatnya lalu siapa lagi yang akan memikirkan kedaaan rakyatnya? Pemerintah hidup bukan karna pemerintahan, namun seberapa besar ketenangan dan kesejahteraan yang dirasakan oleh rakyatnya.

Gambar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s